Butuh Bantuan? Customer service Penerbit Alquran Muslimah siap melayani dan membantu Anda.
Alquranmuslimah.com melayani pemesanan alquran wanita, alquran muslimah dan buku bacaan islami. Alquranmuslimah.com dikelola oleh Penerbit Jabal yang telah berpengalaman sejak tahun 2004 di dunia percetakan alquran. Menyediakan alquran muslimah, alquran pelangi, alquran tanpa terjemah, alquran tajwid, alquran hafalan, alquran perkata dan lain sebagainya. Menyediakan berbagai macam ukuran alquran. Dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari 35Ribu Hingga 120Ribu. Selain itu, kami menerima pemesanan cetak alquran custom untuk memenuhi kebutuhan Anda. Seperti acara keluarga, pengganti yasin, wakaf quran mesjid, lembaga, perkantoran dan sekolah.
Beranda » Artikel Terbaru » Tips-tips Agar Hafalan Alquran Terjaga dan Tidak Hilang | Grosir Alquran Wanita

Tips-tips Agar Hafalan Alquran Terjaga dan Tidak Hilang | Grosir Alquran Wanita

Diposting pada 10 September 2018 oleh Wildan Firdaus | Dilihat: 446 kali

Alquran merupakan kitab umat islam ketika kita membacanya maka akan banyak keutamaan yang didapatkan.

Para penghafal Alquran banyak terlihat ditengah-tengah kita misalnya saat siaran Tv. Tentu karena banyak bermunculan penghafal Alquran tersebut apalagi yang masih berusia muda harusnya memotivasi kita untuk senantiasa menghafal Alquran.

Muraja’ah atau kebiasaan menghafal Alquran  memang dapat dilakukan sejak dini tapi itu bukan alasan bagi orang dewasa untuk meninggalkannya. Grosir Alquran Wanita

Selain menghafal Alquran hal lain yang penting yaitu menjaga hafalan tersebut supaya tidak hilang dari hafalan dan hati kita.

Memang perlu sedikit usaha dan cara-cara khusus agar hafalan Alquran tersebut terjaga.

Rasul SAW pernah bersabda dalam suatu hadits bahwa menjaga hafalan Alquran itu penting karena mudah hilang apabila tidak kita jaga dengan baik. Grosir Alquran Wanita

Jagalah Al-Alquran, demi Yang jiwaku berada di tangan-Nya, Al-Alquran itu lebih cepat lepas dari pada seekor onta dari ikatannya” (H.R. Bukhari)

Tips Agar Hafalan Alquran Terjaga. Nah bagi yang ingin Tips Agar Hafalan Alquran Terjaga simak penjelasannya di bawah ini.

Konsisten | Grosir Alquran Wanita

Konsistensi. Adalah hal yang paling penting dalam upaya mempertahankan hafalan Alquran. Kita harus berniat dalam hati untuk terus konsisten menjaga hafalannya. Serta pastikan untuk berusaha menghindari rasa malas. Rasa malas datang dari bujuk rayu syetan. Rasa malas dapat berpengaruh pada hafalan kita.

Buat Jadwal Khusus

Kita tidak sepanjang waktu membaca Alquran, ada kalanya berkerja, beraktifitas maupun belajar. Karenanya cara untuk menjaga hafalan Alquran yaitu membuat jadwal khusus untuk membaca dan menghafalkan ulang ayat-ayat Alquran yang sudah hafal.

Waktu untuk menghafal Alquran sangat fleksibel. Bisa selepas shalat subuh saat otak masih segar atau di malam hari saat sunyi dan tidak ada halangan lainnya. Kita dapat menghafal sembari shalat tahajud dan berdoa kepada Allah SWT. Grosir Alquran Wanita

Perbanyak Membaca Alquran

Salah satu cara ampuh untuk menjaga bacaan Alquran adalah dengan membaca Alquran itu sendiri. Kegiatan Muraja’ah atau menjaga hafalan Alquran dapat dilakukan sembari membaca Alquran dan mendalami maknanya.

Bacalah Alquran dengan menetapkan jumlah minimal yang harus dibaca misalnya dalam sehari harus selesai membaca satu juz Alquran dan aturan lain sesuai dengan kemampuan masing-masing serta menyesuaikan waktu yang dimiliki. Akan lebih baik jika mengkhatamkan Alquran dalam 5 hari untuk menjaga hafalan tersebut. Grosir Alquran Wanita

Baca Juga:

Membacanya ketika shalat sunnah

Agar hafalan tetap ada dalam pikiran dan tidak mudah lupa, kita dapat membaca surat yang kita hafal sewaktu melaksanakan shalat sunnah. Selain itu, memaknai Alquran saat shalat dapat membuat kita lebih khusuk ketika shalat dan membuat hafalan tetap terjaga dengan baik. Grosir Alquran Wanita

Menjadi Imam Shalat

Selain membaca ayat Alquran yang dihafalkan dalam shalat, kita juga dapat menjaga hafalan Alquran dengan menjadi imam shalat. Biasanya ketika menjadi imam seseorang akan lebih was-was dan khusuk karena bacaan Alquran yang ia baca tidak boleh salah dan memang sebaiknya kesalahan harus dihindari. Grosir Alquran Wanita

Zikir Alquran | Grosir Alquran Wanita

Berzikir adalah suatu kegiatan mengingat Allah dan biasanya saat berzikir seseorang akan melafalkan kalimat pujian kepada Allah SWT. Seorang muslim hendaknya senantiasa berzikir kepada Allah SWt karena berzikir memiliki banyak keutamaan. Selain berzikir dengan kalimat tasbih, tahmid maupun takbir dan istigfar ada baiknya untuk melantunkan ayat-ayat Alquran dalam zikir tersebut karena hal itu dapat membantu proses muraja’ah atau menjaga hafalan Alquran dengan baik.

Ajarkan pada orang lain

Teknik lainnya yang dapat digunakan untuk menjaga hafalan Alquran adalah dengan mengajarkannya pada orang lain. Kita dapat mengajarkan hafalan kita pada anak-anak atau mereka yang usianya lebih muda atau juga kepada orang dewasa yang ingin dan sedang berusaha untuk menghafal Alquran. (baca cara mendidik anak yang baik menurut islam) | Grosir Alquran Wanita

Seringlah mendengar rekaman atau lantunan langsung Alquran

Sebagai manusia tentunya kita tidak hanya belajar dari mata dan lisan kita tetapi juga lewat telinga. Hal ini dapat dijadikan salah satu alternatif untuk menjaga bacaan Alquran agar tetap melekat dalam hati dan pikiran kita. Mendengarkan orang lain membaca ayat suci Alquran adalah salah satu teknik Muraja’ah yang cukup efektif. Tidak hanya mendengar bacaan Alquran secara langsung kita juga dapat mendengarkannya lewat alunan mp3 yang digunakan untuk proses menghafal dan menjaga hafalan.

Manfaatkan Aplikasi pada Handphone | Grosir Alquran Wanita

Kita dapat mendengarkan Alquran dari aplikasi yang terinstal di handphone atau menyaksikan video-video Youtube misalnya. Tidak sebatas itu kita juga bisa kreatif dengan merekam suara kita sendiri yang sedang menghafal Alquran menggunakan aplikasi perekam suara, kemudian kita dengarkan rekaman itu tiap saat.

Memotivasi Diri

Iman itu memang fitrahnya naik dan turun, begitu pula ketika kita menghafal Alquran kadang terasa bosan dan jenuh. Karena itu cobalah terus memotivasi diri kita agar selalu konsisten menghafal Alquran.

Misalnya dengan cara membaca sejarah para penghafal Alquran maupun kisah-kisah hafidz dunia agar kita dapat mendapat hikmah dari cerita tersebut serta termotivasi kembali untuk senantiasa menghafal dan menjaga hafalan kita. | Grosir Alquran Wanita

Berlatih Membaca Alquran tanpa Mushaf

Agar bacaan dan hafalan Alquran tetap terjaga, cobalah untuk tidak melihat mushaf Alquran saat sedang membacanya. Jika dirasa bacaan sudah selesai, kita dapat melihat dan mengeceknya dengan mushaf Alquran apakah tadi bacaannya kita benar ataukah ada yang salah.

Jauhilah Maksiat dan Sifat Tercela

Perbuatan maksiat dan sifat tercela dapat menimbulkan penyakit hati dan hal ini akan berdampak pada pribadi seseorang. Seseorang yang banyak melakukan maksiyat tentunya akan sulit menerima cahaya Alquran apalagi menghafal dan menjaga hafalannya. Allah Berfirman:

Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Alquran ataukah hati mereka terkunci?” (Q.S. Muhammad : 24)

Demikian cara-menjaga hafalan Alquran yang dapat dipraktekkan. Semoga bermanfaat. | Grosir Alquran Wanita

Tips-tips Agar Hafalan Alquran Terjaga dan Tidak Hilang | Grosir Alquran Wanita | Penerbit Alquran Muslimah

Komentar dinonaktifkan: Tips-tips Agar Hafalan Alquran Terjaga dan Tidak Hilang | Grosir Alquran Wanita

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Alquran Pelangi Halimah A5

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 119.000
Tersedia
Rp 119.000
Stok: Tersedia
Al Quran Wanita Mushaf Nafisah A6

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

al quran wanita mushaf nafisahRp 35.000
Tersedia
Rp 35.000
Stok: Tersedia
Terpopuler
OFF 18%
Al Quran Wanita Mushaf Aisyah A5

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

al quran wanitaRp 65.000 Rp 79.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 79.000
Stok: Tersedia
Terpopuler
Al Quran Sabrina Cover Kulit A6

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

alquran pelangiRp 69.000
Tersedia
Rp 69.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR