Butuh Bantuan? Customer service Penerbit Alquran Muslimah siap melayani dan membantu Anda.
Alquranmuslimah.com melayani pemesanan alquran wanita, alquran muslimah dan buku bacaan islami. Alquranmuslimah.com dikelola oleh Penerbit Jabal yang telah berpengalaman sejak tahun 2004 di dunia percetakan alquran. Menyediakan alquran muslimah, alquran pelangi, alquran tanpa terjemah, alquran tajwid, alquran hafalan, alquran perkata dan lain sebagainya. Menyediakan berbagai macam ukuran alquran. Dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari 35Ribu Hingga 120Ribu. Selain itu, kami menerima pemesanan cetak alquran custom untuk memenuhi kebutuhan Anda. Seperti acara keluarga, pengganti yasin, wakaf quran mesjid, lembaga, perkantoran dan sekolah.
Beranda » Artikel Terbaru » Hukum Bertaubat Berulang Kali Dalam Islam

Hukum Bertaubat Berulang Kali Dalam Islam

Diposting pada 19 November 2021 oleh Wildan Firdaus | Dilihat: 464 kali

Alquran muslimah – Hukum Bertaubat Berulang Kali Dalam Islam; Salah satu akhlak terpuji yang harus dilakukan setiap muslim adalah taubat. Taubat diartikan sebagai memohon ampun atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan kepada Allah subhaanahu wa ta’ala.

Hukum taubat berulang kali dalam Islam adalah sah untuk dilakukan jika disertai dengan istighfar dan si pelaku tidak mengulangi dosa setelah bertaubat dan memenuhi syarat taubat. | Hukum Bertaubat Berulang Kali

Hukum Bertaubat Berulang Kali Dalam Islam

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda;

Sesungguhnya seorang hamba melakukan dosa, lalu dia berkata; “Ya Tuhan, aku telah berdosa. Ampunilah diriku.” Lalu Allah SWT menjawab, “Adakah hamba-Ku tahu bahwa dia mempunyai Tuhan yang akan mengampuni dan menghukum dosanya? Aku telah mengampuni hamba-Ku.”

Kemudian berlalu lah masa, sehingga orang itu melakukan dosa lagi. Lalu dia berdoa; “Tuhanku, aku telah berdosa. Ampunilah dosa ini.” Lalu Allah SWT menjawab, “Adakah hamba-Ku mengetahui bahwa dia memiliki Tuhan yang mengampuni dosa dan menghukum dosa itu? Aku telah mengampuni dosa hamba-Ku.”

Kemudian berlalu lah masa, sehingga orang itu melakukan dosa lagi. Lalu dia berdoa; “Tuhanku, aku telah berdosa. Ampunilah dosa ini.” Lalu Allah SWT menjawab, “Adakah hamba-Ku mengetahui bahwa dia memiliki Tuhan yang mengampuni dosa dan menghukum dosa itu? Aku telah mengampuni dosa hamba-Ku sebanyak tiga kali. Maka biarlah dia lakukan apa yang dia kehendaki.” (HR. Bukhari)

Imam Nawawi menjelaskan bahwa hadits di atas jelas pada sisi dalalahnya. Dalam arti, walaupun seseorang melakukan dosa berulang kali dan ia bertaubat setiap kali berbuat dosa, maka taubatnya diterima dan dosanya pun gugur.| Hukum Bertaubat Berulang Kali

Beliau juga menjelaskan bahwa meskipun orang tersebut hanya bertaubat sekali saja atas semua dosa yang dilakukan, taubatnya juga sah.

Namun yang perlu dipahami adalah taubat yang dilakukan haruslah sepenuh hati dan memenuhi syarat lainnya agar diterima Allah subhaanahu wa ta’ala. | Hukum Bertaubat Berulang Kali

Adapun syarat yang harus dipenuhi agar taubat diterima di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Dilakukan sesegera mungkin saat itu juga
  • Taubat yang dilakukan adalah taubatan nasuha, yaitu benar-benar menyesali perbuatan dosa yang dilakukan serta berazam dan bertekad  tidak akan mengulanginya kembali
  • Meninggalkan perbuatan dosa tersebut
  • Melaksanakan shalat taubat
  • Memperbanyak istighfar dan membaca doa taubat
  • Berbuat kebaikan dan macam-macam amal shaleh

Tertarik untuk memesanan Al Quran di Penerbit Jabal? Silahkan buka website kami www.alquranmuslimah.com. Selanjutnya, sampaikan kebutuhan pesanan Anda kepada admin kami.

penerbit alquran

Kontak Penerbit Jabal

HP/WA: 085315129995/ 087777500661
Telp/Fax: 022-7809282
Email: penerbit_jabal@yahoo.com

Alamat: Jalan Desa Cipadung No 47 Cibiru Kota Bandung Jawa Barat, Indonesia

Baca Juga Artikel Lainnya:

Hukum Bertaubat Berulang Kali Dalam Islam | Penerbit Alquran Muslimah

Komentar dinonaktifkan: Hukum Bertaubat Berulang Kali Dalam Islam

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Edisi Terbatas
OFF 25%
Alquran Muslimah Cover Kulit A6

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

alquran muslimahRp 59.000 Rp 79.000
Tersedia
Rp 59.000 Rp 79.000
Stok: Tersedia
Al Quran Mufassir A6

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Al Quran terjemahan dan tafsirRp 45.000
Tersedia
Rp 45.000
Stok: Tersedia
Mushaf Salsabil

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Mushaf Salsabil Rp 59.000
Tersedia
Rp 59.000
Stok: Tersedia
OFF 22%
Alquran Pelangi Mushaf Hafsah A6

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

alquran pelangi mushaf hafsahRp 69.000 Rp 89.000
Tersedia
Rp 69.000 Rp 89.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR