Butuh Bantuan? Customer service Penerbit Alquran Muslimah siap melayani dan membantu Anda.
Alquranmuslimah.com melayani pemesanan alquran wanita, alquran muslimah dan buku bacaan islami. Alquranmuslimah.com dikelola oleh Penerbit Jabal yang telah berpengalaman sejak tahun 2004 di dunia percetakan alquran. Menyediakan alquran muslimah, alquran pelangi, alquran tanpa terjemah, alquran tajwid, alquran hafalan, alquran perkata dan lain sebagainya. Menyediakan berbagai macam ukuran alquran. Dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari 35Ribu Hingga 120Ribu. Selain itu, kami menerima pemesanan cetak alquran custom untuk memenuhi kebutuhan Anda. Seperti acara keluarga, pengganti yasin, wakaf quran mesjid, lembaga, perkantoran dan sekolah.
Beranda » Artikel Terbaru » Haruskah Muslimah Menggunakan Hijab Ketika Membaca Alquran?

Haruskah Muslimah Menggunakan Hijab Ketika Membaca Alquran?

Diposting pada 15 Oktober 2018 oleh Wildan Firdaus | Dilihat: 435 kali

Membaca Alquran adalah ibadah yang bisa mendekatkan diri kita dengan Allah SWT. Saat membaca Alquran, tiap muslim disarankan untuk mentadaburi atau meresapi pelajaran serta hikmah yang terdapat dalam kisah-kisah umat terdahulu dan para nabi, harapannya dengan mentadaburi quran bisa menambah keimanan kita. |Alquran muslimah

Ada hal-hal yang mesti kita lakukan sebelum mentadaburi Alquran salah satunya suci dari hadas. Selain suci dari hadas ternyata ada etika dan adab bagi muslimah saat berada di hadapan Alquran.

Salah satunya yang berkenaan dengan hijab. | Alquran pelangi

Apa hukum membaca Alquran bagi muslimah yang tidak menggunakan hijab atau menutupi rambutnya?

Para ahli fikih sepakat bahwa sebetulnya tidak wajib memakai hijab saat membaca Alquran. Dikarenakan bolehnya membaca Alquran itu apabila sudah suci dari hadas besar dan suci dari hadas kecil.

Pakaian pun suci dan sebaiknya membacanya di tempat suci pula. Sebagaimana Allah berfirman;

لَا يَمَسُّهُ إِلَّا الْمُطَهَّرُونَ

Tidak menyentuhnya (Alquran) selain orang-orang yang disucikan”

Adapun menggunakan hijab bagi wanita yang ingin membaca Alquran bukan termasuk dalam syarat-syarat yang wajib dipenuhi. Sehingga boleh saja jika membaca al-qur’an tanpa memakai hijab.

Hanya saja akan lebih baik dan lebih dianjurkan untuk memakai hijab sebagai bagian dari adab seorang hamba kepada Tuhan di sela-sela membaca kalam-Nya yang suci, yaitu Alquran.

Dalam hal ini memakai hijab bukan termasuk wajib, tapi hanya sebagai penghormatan terhadap Alquran. Sebagaimana firman Allah dalam surat al-Haj ayat 32:

ذَٰلِكَ وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوبِ

Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.”

Dalam pandangan fiqh sah-sah saja bagi wanita membaca Alquran tanpa menggunakan hijab karena tidak ada perintah yang tertulis jelas. Baik dalam Alquran dan sunah Nabi. | quran pelangi

Sehingga memakai hijab merupakan adab kesopan santunan ketika akan mentadaburi Alquran, mengutamakan adab ini harapannya supaya Allah ridha dan akhirnya memberi pahala pada kita.

Meski demikian para sahabat terdahulu sangat mendahulukan adab ini, dikisahkan Anas bin Malik bila ingin menyampaikan hadis Nabi maka dia akan menggunakan pakaian terbaik lalu duduk dengan posisi terbaik.

Jika kita sudah mengetahui bahwa seorang sahabat pun ketika menyampaikan hadis menggunakan pakaian terbaik. Maka apalagi ketika akan membaca Alquran, tentunya seorang muslimah lebih baik menggunakan hijab, bukan? | quran cantik

Bahkan, sebagian besar ahli ilmu bersepakat bahwa memakai hijab ketika membaca Alquran adalah suatu kesunnahan. Wallahu Alam

Haruskah Muslimah Menggunakan Hijab Ketika Membaca Alquran? | Penerbit Alquran Muslimah

Komentar dinonaktifkan: Haruskah Muslimah Menggunakan Hijab Ketika Membaca Alquran?

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Terpopuler
OFF 18%
Al Quran Wanita Mushaf Aisyah A5

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

al quran wanitaRp 65.000 Rp 79.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 79.000
Stok: Tersedia
Edisi Terbatas
OFF 47%
Alquran Mushaf Utsmani A6

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 45.000 Rp 85.000
Tersedia
Rp 45.000 Rp 85.000
Stok: Tersedia
OFF 30%
Alquran Madinah Hard Cover A6

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

alquran madinah hard coverRp 35.000 Rp 50.000
Tersedia
Rp 35.000 Rp 50.000
Stok: Tersedia
Paling Laris
OFF 25%
Alquran Terjemah Mushaf Al Azhar

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 59.000 Rp 79.000
Tersedia
Rp 59.000 Rp 79.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR