Butuh Bantuan? Customer service Penerbit Alquran Muslimah siap melayani dan membantu Anda.
Alquranmuslimah.com melayani pemesanan alquran wanita, alquran muslimah dan buku bacaan islami. Alquranmuslimah.com dikelola oleh Penerbit Jabal yang telah berpengalaman sejak tahun 2004 di dunia percetakan alquran. Menyediakan alquran muslimah, alquran pelangi, alquran tanpa terjemah, alquran tajwid, alquran hafalan, alquran perkata dan lain sebagainya. Menyediakan berbagai macam ukuran alquran. Dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari 35Ribu Hingga 120Ribu. Selain itu, kami menerima pemesanan cetak alquran custom untuk memenuhi kebutuhan Anda. Seperti acara keluarga, pengganti yasin, wakaf quran mesjid, lembaga, perkantoran dan sekolah.
Beranda » Artikel Terbaru » 9 Keutamaan Putri Abu Bakar As Siddiq Untuk Diteladani

9 Keutamaan Putri Abu Bakar As Siddiq Untuk Diteladani

Diposting pada 28 Januari 2022 oleh Wildan Firdaus | Dilihat: 255 kali

Alquran muslimah – 9 Keutamaan Putri Abu Bakar As Siddiq Untuk Diteladani; Setiap anak dari Abu bakar memiliki keutamaan masing-masing. Namun keutamaannya berbeda, terutama keutamaan putri abu Bakar As Siddiq.

Karena putri Abu bakar as siddiq memiliki sikap baik terhadap orang tua dan lingkungannya. Sehingga ada beberapa keutamaan dari putri Abu bakar As siddiq ini perihal berbagai hal tersebut.

Ketahuilah 9 Keutamaan Putri Abu Bakar As Siddiq Yang Baik Untuk Diteladani

Secara lebih jelasnya, berikut dibawah ini keutamaan putri abu Bakar As Siddiq.

1. Memiliki Pemikiran Cemerlang

Aisyah binti Abu Bakar As siddiq dikenal sebagai orang yang memiliki otak cerdas, pemikiran yang cemerlang, dan daya perhatian yang kuat. Walaupun usianya masih muda, akal dan pemikirannya bagaikan orang dewasa.

Iman Az-Zuhri berkata, “ Seandainya ilmu Aisyah dikumpulkan dengan ilmu seluruh Ummahatul Mukminin dan ilmu seluruh wanita, niscaya Ilmu Aisyah lebih utama”

Aisyah adalah belahan jiwa Rasulullah SAW seorang ahli fiqih yang dikaruniai ilmu dan kecerdasan luar biasa. Bila dibandingkan dengan istri-istri Rasulullah Aisyah adalah yang paling banyak memahami hadits-hadits Rasulullah SAW, disamping ajaran-ajaran yang mendasar tentang Islam dan ilmu-ilmu yang terkandung didalam Al-Qur’an.

2. Periwayat hadis terbanyak

Aisyah mendapat pendidikan akhlak siang dan malam. Aisyah hidup dibawah pengawasan guru terbesar di dunia ini, dalam waktu sembilan tahun. Oleh karena itu, Aisyah menjadi muslim alim, saleh dan bertakwa. Aisyah juga dikatakan bahwa beliau adalah perawi (periwayat) hadits terbanyak ketiga diantara para sahabat Rasul.

3. Istri Nabi Masih Gadis

Aisyah adalah satu-satunya wanita yang masih gadis, ketika dinikahi Rasul. Istri-istrinya yang lain semuanya janda, sebab mereka telah pernah mendapat pengajaran dari suaminya terdahulu. Tetapi, Aisyah memasuki rumah tangga Rasul dengan jiwa yang putih bersih.

Aisyah adalah sosok wanita yang berwibawa dan cantik. Oleh karena itu, dia dijuluki Humaira ‘Yang kemerah-merahan pipinya’ Rasulullah juga tidak pernah menikahi seorang perawan selain dia.

4. Kepiawaian dalam menghadapi masalah

Pertemuan dan aktivitas Asma Binti Abu Bakar itu telah membuahkan pemikiran dan jiwa sosial yang matang, sehingga Asma mampu berdialog dengan Umar seputar masalah-masalah ilmiah. Bahkan, Ibnu Abbas menyarankan orang-orang supaya bertanya kepada Asma tentangsunnah, khususnya mengenai perkara yang diperselisihkan oleh sejumlah sahabat.

5. Memiliki Sikap Agung

Perempuan yang dikenal dengan perempuan yang mempunyai dua ikat pinggang itu adalah Asma’ binti Abu Bakar Ash. Shiddiq ra. Dia mempunyai sikap yang agung dalam pencatatan sejarah Islam sejak Islam pertama kali datang ke dunia hingga Asma’ wafat. Diantara sikap Asma’ yang masyhur adalah sikapnya sekwaktu peristiwa hijrah. Ketika Rasulullah datang kerumah Abu Bakar ash-Shiddiq ra, ayah kandung Asma’, pada hari hijrah.

6. Berpikir Cerdik

Asma binti Abu Bakar as-Siddiq ikut serta dalam banyak peristiwa hijrah dan beliau mempunyai peran yang cukup penting. Asma’ mempunyai tugas untuk mengantarkan makanan dan minuman kepada Rasulullah SAW dan Abu Bakar, yang berada di dalam gua.

Salah satu bukti yang menunjukkan bahwa Asma cerdik, adalah cara dia menyembunyikan makanan dan minuman. Asma’ menyobek ikat pinggangnya menjadi dua kemudian diikatkan makanan yang dibawanya. Oleh karena itu, Asma disebut dengan perempuan yang mempunyai dua ikat pinggang. Sementara separuh ikat pinggang yang lain , dia fungsikan untuk mengikat bajunya.

7. Memiliki kedudukan mulia

Seorang wanita yang jujur, sabar, pandai bertobat dan senantiasa berzikir, wanita yang rela merobek ikat pinggangnya untuk Rasululah adalah keutamaan putri abu Bakar As Siddiq ini. Ialah Asma binti Abu Bakr. Ia adalah sosok mukminah yang memiliki kedudukan mulia, harga diri dan keberanian luar biasa. Disamping itu, beliau juga adalah seorang penyair dan penulis natsr (prosa) yang memiliki logika dan bahasa yang fasih.

8. Wanita yang gigih dan menjaga dan membela kemuliaan wanita

Aisyah ra adalah seorang wanita yang paling gigih menjaga dan membela kemuliaan wanita, sebagaimana ia juga sangat membenci kaumnya yang melanggar hukum Islam.

9. Pakar Ilmu

Kepakaran Aisyah dalam ilmu-ilmuagama semakin dirasakan urgensinya terutama sepeninggal Rasulullah SAW. Sebagaimana yang dituturkan Al-Qasim bin Muhammad bin Abi Bakar keponakan Aisyah bahwa ketika zaman Abu bakar, umar utsman dan Ali. Aisyah lebih banyak menggunakan waktunya untuk berfatwa dan berdakwah sampai ia wafat.

Abu Bard bin Abi Musa dari Bapaknya, ia berkata : ”Tidak ada satu masalah pun bagi kami (para sahabat Nabi saw) yang ketika kami tanyakan kepada Aisyah r.a kecuali ia dapat menjawabnya ”

Kesimpulannya adalah keutamaan putri abu Bakar As Siddiq ini beraneka ragam dan saling melengkapi dan terpenting mereka berdua masuk islam dan memiliki tingkat kecerdasan serta sikap yang berakhlak. Selain itu dengan keutamaan mereka serta julukan yang diberikan seperti Aisyah dijuluki Humaira sementara Asma dijuluki perempuan dua ikat pinggang.

Tertarik untuk memesanan Al Quran di Penerbit Jabal? Silahkan buka website kami www.alquranmuslimah.com. Selanjutnya, sampaikan kebutuhan pesanan Anda kepada admin kami.

 

penerbit alquran

Kontak Penerbit Jabal

HP/WA: 085315129995/ 087777500661
Telp/Fax: 022-7809282
Email: penerbit_jabal@yahoo.com

Alamat: Jalan Desa Cipadung No 47 Cibiru Kota Bandung Jawa Barat, Indonesia

Baca Juga Artikel Lainnya:

9 Keutamaan Putri Abu Bakar As Siddiq Untuk Diteladani | Penerbit Alquran Muslimah

Komentar dinonaktifkan: 9 Keutamaan Putri Abu Bakar As Siddiq Untuk Diteladani

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Paling Laris
OFF 34%
Alquran Utsmani Timur Tengah A6

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 59.000 Rp 89.000
Tersedia
Rp 59.000 Rp 89.000
Stok: Tersedia
Al Quran Wanita Mushaf Nafisah A6

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

al quran wanita mushaf nafisahRp 35.000
Tersedia
Rp 35.000
Stok: Tersedia
Edisi Terbatas
OFF 30%
Alquran Muslimah Mushaf Aisyah A6

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

alquran muslimah mushaf aisyahRp 69.000 Rp 99.000
Tersedia
Rp 69.000 Rp 99.000
Stok: Tersedia
Al Quran Mufassir A5

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Al Quran terjemahan dan tafsirRp 79.000
Tersedia
Rp 79.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR