Butuh Bantuan? Customer service Penerbit Alquran Muslimah siap melayani dan membantu Anda.
Alquranmuslimah.com melayani pemesanan alquran wanita, alquran muslimah dan buku bacaan islami. Alquranmuslimah.com dikelola oleh Penerbit Jabal yang telah berpengalaman sejak tahun 2004 di dunia percetakan alquran. Menyediakan alquran muslimah, alquran pelangi, alquran tanpa terjemah, alquran tajwid, alquran hafalan, alquran perkata dan lain sebagainya. Menyediakan berbagai macam ukuran alquran. Dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari 35Ribu Hingga 120Ribu. Selain itu, kami menerima pemesanan cetak alquran custom untuk memenuhi kebutuhan Anda. Seperti acara keluarga, pengganti yasin, wakaf quran mesjid, lembaga, perkantoran dan sekolah.
Beranda » Artikel Terbaru » 6 Keutamaan Shalat Dhuha Yang Luar Biasa

6 Keutamaan Shalat Dhuha Yang Luar Biasa

Diposting pada 17 November 2021 oleh Wildan Firdaus | Dilihat: 557 kali

Alquran muslimah – 6 keutamaan shalat dhuha yang luar biasa; Islam adalah agama yang membawa rahmat dan mengajarkan umatnya untuk berbuat kebajikan. Dapat dirasakan apabila umat islam menjalankan kewajibannya, salah satu kewajiban umat islam adalah shalat. Tidak hanya shalat yang wajib, islam juga menganjurkan umatnya untuk melaksanakan ibadah sunnah seperti shalat dhuha.

Shalat dhuha adalah shalat yang dikerjakan pada waktu dhuha atau antara waktu setelah matahari terbit atau pukul 8 hingga sebelum tengah hari, yaitu pukul 11 siang.

Ketahuilah 6 Keutamaan Shalat Dhuha Yang Luar Biasa

Sebagai umat islam, selayaknya kita senang mengerjakan amal ibadah termasuk shalat dhuha. Shalat dhuha memiliki banyak keutamaan yang seharusnya memotivasi kita untuk mengerjakannya. Diantara keutamaan shalat dhuha tersebut adalah :

1. Pahala seperti bersedekah

Mengerjakan shalat dhuha memiliki nilai yang sama seperti sedekah. Sedekah yang dimaksud adalah sedekah yang diperlukan oleh 360 persendian tubuh kita, terlebih jika kita ikhlas mengerjakannya. Orang islam yang mengerjakan shalat dhuha akan memperoleh ganjaran pahala sebanyak persendian itu. Sebagaimana sabda Rasulullah:

“Disetiap sendi seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan Alhamdulillah ) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan lailahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir (ucapan Allahu akbar) adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat Dhuha sebanding dengan pahala semua itu”

2. Dicukupi kebutuhannya

Shalat Dhuha yang dilakukan oleh seseorang diawal hari menjanjikan tercukupinya rezeki atau kebutuhan seseorang tersebut di akhir hari. Shalat Dhuha merupakan shalat yang dilakukan untuk memohon rezeki kepada Allah SWT. Hal tersebut ditunjukan oleh ketentuan waktu pelaksanaan dan tersirat dalam do’a yang dibaca setelah pelaksanaan shalat tersebut. Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla berfirman: “Wahai anak Adam, cukuplah bagi-Ku empat rekaat di awal hari, maka Aku akan mencukupimu disore harimu

3. Diganjar dengan rumah di surga

Orang yang selalu bersedia meluangkan waktunya untuk melaksanakan shalat Dhuha 12 rakaat di awal haril, akan dijanjikan ganjaran oleh Allah berupa sebuah rumah indah yang terbuat dari emas kelak diakhirat. Hal ini menurut Anas Bin Malik yang mendengar bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Siapa saja yang shalat Dhuha 12 rekaat, Allah akan membuat untuknya sebuah istana yang terbuat dari emas di surga”” (HR. Ibnu Majah)

4. Mendapat pahala haji dan umrah

Orang yang melaksanakan shalat Dhuha dengan tekun akan mendapatkan pahala haji dan umrah sempurna. Dari Anas ra berkata, Rasulullah bersabda; “Barangsiapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna”

5. Menggugurkan dosa

Shalat Dhuha akan menggugurkan dosa-dosa orang yang rutin melakukan ibadah shalat dhuha, meskipun dosanya itu sebanyak buih di lautan. Berikut hadits yang memperkuat hal tersebut. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda;

“Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih dilautan” (HR. Tirmidzi)

6. Dibuatkan pintu khusus di surga

Keutamaan lain yang dijanjikan Allah bagi orang yang tekum mengerjakan shalat dhuha adalah bahwa dia akan dibuatkan pintu khusus di surga kelak, yaitu pintu yang dinamakan pintu Dhuha. Dengan demikian, maka jelaslah bahwa orang yang tekun mengerjakan shalat dhuha memiliki kedudukan yang tinggi di mata Allah SWT hingga dibuatkan pintu tersendiri untuk memasuki surga.| 6 Keutamaan Shalat Dhuha Yang Luar Biasa

Dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad saw bersabda;

“sesungguhnya disurga ada slaah satu pintu yang dinamakan pintu Dhuha, bila datang hari kiamat malaikat menjaga surga memangil; mana ia yang melazimkan shalat Dhuha? Inilah pintu kalian maka masukilah dengan kasih sayang Allah” (HR.Thabrani)

Berikut Allah memberikan kedudukan yang istimewa bagi orang-orang yang melaksanakan Dhuha berdasarkan dengan jumlah rakaatnya:

  1. Orang yang mengerjakan dua rakaat shalat Dhuha, akan tercatat sebagai orang yang tidak lalai
  2. Orang yang mengerjakan empat rakaat shalat Dhuha, tercatat sebagai orang yang muhsinin (berbuat baik)
  3. Orang yang mengerjakan emam rakaat shalat Dhuha, akan tercatat sebagai hamba yang taat
  4. Orang yang mengerjakan shalat Dhuha delapan rakaat, tercatat sebagai hamba yang juara (Sukses)
  5. Orang yang mengerjakan dua belas rakaat shalat Dhuha, akan dibuatkan sebuah rumah yang indah di surga

Dari Abi Dzar ra, Rasulullah SAW bersabda; “Bila engkau melaksanakan dua rekaat shalat Dhuha maka engkau tidak dicatat sebagai hamba yang lalai, atau empat rekaat maka engkau akan dicatat sebagai hamba yang muhsinin (berbuat baik), atau enam rakaat engkau akan dicatat sebagai hamba uang taat, atau delapan maka engkau akan dicatat sebagai hamba yang juara (Sukses), atau sepuluh maka pada hari ini dosamu tidak dicatat, atau dua belas rakaat maka Allah akan membangunkan rumah disurga”

Tata Cara Pelaksanaan Shalat Dhuha

Shalat Dhuha dilakukan dua rakaat – dua rakaat dan memberikan salam disetiap akhir dua rakaat tersebut. Jadi, ketika kita melaksanakan shalat Dhuha lebih dari dua rakaat, kita tidak melaksanakannya sekaligus empat, enam, atau delapan rakaat dengan satu kali salam, melainkan tetap dilakukan dengan dua rakaat – dua rakaat dengan salam pada masing-masing dua rakaat itu.| 6 Keutamaan Shalat Dhuha Yang Luar Biasa

Hal tersebut berdasarkah hadits Rasullulah SAW, dari Ummi Hani binti Abu Thalib: “bahwa Rasulullah saw mengerjakan Shalat sunnah Dhuha pada saat penaklukan Makkah sebanyak delapan rakaat kemudian salam pada setiap dua rakaat.” (HR.Ibnu Majah)

Sebenarnya hal yang paling penting disini bukan lah kuantitasnya melainkan kualitas. Menjalankan shalat dhuha dengan lebih sedikit rakaat lebih baik dari mengerjakan banyak rakaat tetapi tidak khusyuk.

Hendaknya shalat dhuha dilakukan secara istiqomah dan rutin agar dapat memperoleh keutamaan-keutamaan yang disebutkan diatas. Selain itu membaca Al Quran setelah shalat dhuha juga disarankan karena manfaat membaca Al Quran sangatlah besar. | 6 Keutamaan Shalat Dhuha Yang Luar Biasa

Tertarik untuk memesanan Al Quran di Penerbit Jabal? Silahkan buka website kami www.alquranmuslimah.com. Selanjutnya, sampaikan kebutuhan pesanan Anda kepada admin kami.

penerbit alquran

Kontak Penerbit Jabal

HP/WA: 085315129995/ 087777500661
Telp/Fax: 022-7809282
Email: penerbit_jabal@yahoo.com

Alamat: Jalan Desa Cipadung No 47 Cibiru Kota Bandung Jawa Barat, Indonesia

Baca Juga Artikel Lainnya:

6 Keutamaan Shalat Dhuha Yang Luar Biasa | Penerbit Alquran Muslimah

Komentar dinonaktifkan: 6 Keutamaan Shalat Dhuha Yang Luar Biasa

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Al Quran Wanita Mushaf Yasminah A6

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

alquran wanitaRp 35.000
Tersedia
Rp 35.000
Stok: Tersedia
Mushaf Aqilah Hard Cover A6

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 39.000
Tersedia
Rp 39.000
Stok: Tersedia
Mushaf Halimah Hc

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 49.000
Tersedia
Rp 49.000
Stok: Tersedia
Paling Laris
OFF 25%
Alquran Terjemah Mushaf Al Azhar

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 59.000 Rp 79.000
Tersedia
Rp 59.000 Rp 79.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR