Butuh Bantuan? Customer service Penerbit Alquran Muslimah siap melayani dan membantu Anda.
Alquranmuslimah.com melayani pemesanan alquran wanita, alquran muslimah dan buku bacaan islami. Alquranmuslimah.com dikelola oleh Penerbit Jabal yang telah berpengalaman sejak tahun 2004 di dunia percetakan alquran. Menyediakan alquran muslimah, alquran pelangi, alquran tanpa terjemah, alquran tajwid, alquran hafalan, alquran perkata dan lain sebagainya. Menyediakan berbagai macam ukuran alquran. Dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari 35Ribu Hingga 120Ribu. Selain itu, kami menerima pemesanan cetak alquran custom untuk memenuhi kebutuhan Anda. Seperti acara keluarga, pengganti yasin, wakaf quran mesjid, lembaga, perkantoran dan sekolah.
Beranda » Artikel Terbaru » 14 Akhlak Istri Rasulullah Yang Wajib Ditiru Muslimah

14 Akhlak Istri Rasulullah Yang Wajib Ditiru Muslimah

Diposting pada 8 Februari 2022 oleh Wildan Firdaus | Dilihat: 165 kali

Alquran Muslimah – 14 Akhlak Istri Rasulullah yang Wajib Ditiru Muslimah; Istri Rasulullah adalah seorang perempuan yang sangat dimuliakan oleh Rasulullah SAW, seperti pada sabda Rasulullah SAW :

Orang yang mulia dari kalangan laki-laki adalah banyak, akan tetapiwanita yang paling mulia adalah Maryam binti Imron dan Asiyah istri Fir’aun dankeutamaan seorang Istri Rasulullah diatas wanita tersebut adalah sepertikeutamaan tsarid atas segala makanan (HR. Bukhari : 5/2067 dan Muslim :2431)

Berikut adalah 14 Akhlak Istri Rasulullah Yang Wajib Ditiru Muslimah :

1. Sangat taat kepada suami

Sikap Aisyah kepada Rasulullah SAW yang patut diteladani adalah termasuk istri yang taat kepada suami. Kebiasaan Aisyah istri Rasulullah saat di rumah adalah beliau selalu melaksanakan pekerjaan rumah tangga setiap paginya. Tanpa ada rasa mengeluh kepada Rasulullah SAW, Aisyah istri Rasulullah selalu berusaha mengerjakan pekerjaan rumah tangganya dengan baik dan tekun. | 14 Akhlak Istri Rasulullah Yang Wajib Ditiru Muslimah

2. Istri yang keras kepala tetapi adil

Aisyah adalah termasuk wanita yang sangat keras kepala, pencemburu, susah mengalah tetapi beliau sangat adil. Gabungan dari beberapa sifat ini hanya dimiliki oleh orang-orang yang memiliki akhlak tinggi dan perilaku baik. Salah satu peristiwa yang menujukkan bahwa sifat keras kepala beliau adalah saat Aisyah istri Rasulullah berpegang teguh dengan pendirian beliau ketika difitnah dan kemudian Allah menurunkan ayat yang membebaskan beliau dari tuduhan fitnah tersebut.

3. Setia kepadaRasulullah SAW

Ketika itu Nabi SAW memberikan Aisyah istri Rasulullah sebuah pilihan, apakah beliau ingin tetap bersama Rasulullah dengan kehidupan yang sederhana atau bercerai dan mendapatkan dunia.

Maka jawaban Aisyah memilih tetap bersama Rasulullah SAW apapun kondisinya, sehingga hal ini yang membuat istri-Aisyah istri Rasulullah SAW yang lain mengikuti pilihan Aisyah istri Rasulullah.

4. Sabar menjaga suaminya saat sakit

Saat Rasulullah SAW sedang sakit, beliau memilih rumah Aisyah untuk menetap hingga beliau meninggal. Sebagai seorang istri sudah tentu Aisyah istri Rasulullah menjaga Rasulullah SAW dengan baik dan merawatnya hingga sembuh. Hingga pada suatu ketika, Rasulullah SAW meninggal di pangkuan Aisyah istri Rasulullah.

Abu Wafa’ Ibnu Aqil mengatakan, “Lihat Rasulullah SAW memilih tinggal di rumah Aisyah istri Rasulullah saat sedang sakit dan memilih bapak Aisyah istri Rasulullah untuk menggantikan beliau mengimami manusia, namun masih saja orang-orang Rafidhah melupakan keutaman agung tersebut”

5. Selalu tenang ketika marah

Beliau memiliki hati yang lembut, penuh cinta, hangat dan setia kepada suaminya. Selain itu, Aisyah istri Rasulullah selalu menebarkan kedamaian, kasih sayang dan cinta sekalipun saat Aisyah istri Rasulullah sedang marah kepada Rasulullah SAW. Rasulullah mengatakan kepada Aisyah istri Rasulullah, “Sungguh aku mengetahui marah dan lapangmu saat kamu tenang” | 14 Akhlak Istri Rasulullah Yang Wajib Ditiru Muslimah

6. Saling berbagi ilmu dengan suami

Selain hatinya yang lembut, Aisyah istri Rasulullah adalah sosok wanita cerdas. Beliau selalu membagikan ilmunya dengan Rasulullah SAW. Bahkan ribuan hadits Rasulullah yang membicarakan seputar hukum, wahyu, perilaku dan lainnya banyak bersumber dari Aisyah istri Rasulullah sendiri. Urwah bin Zubair pernah mengatakan, “Aku tidak pernah melihat seseorang pun yang pandai tentang ilmu fiqih, kedokteran dan orasi melebihi Aisyah istri Rasulullah.” Kecerdasan Aisyah istri Rasulullah adalah bagaikan spons yang mampu menyerap ilmu dari Rasulullah SAW dan para sahabat.

7. Istri yang memiliki keteguhan jiwa

Aisyah istri Rasulullah juga merupakan istri yang memiliki sikap keteguhan jiwa yang sangat besar dalam membela kebenaran. Hal ini bisa kita lihat saat masyarakat berani mempertanyakan kesucian Aisyah istri Rasulullah saat beliau pulang dari Perang Bani Musthaliq.

Hal ini sempat menggoyahkan kepercayaan Rasulullah kepada Aisyah istri Rasulullah, namun sikap Aisyah istri Rasulullah kepada suaminya adalah tetap berpegang teguh dengan kebenaran. Allah SWT kemudian membenarkan kesucian Aisyah istri Rasulullah dalam Al-Quran surah An-Nur ayat 12.

Aisyah istri Rasulullah berkata:

“Sesungguhnya sesuatu yang menimpaku lebih hina bila sampai Allah SWT berfirman tentangku melalui wahyu yang akan dibaca.” (HR. Bukhari 4141)

Sikap keteguhan Aisyah inilah yang kemudian kembali memperkuat kepercayaan Rasulullah SAW terhadap beliau. | 14 Akhlak Istri Rasulullah Yang Wajib Ditiru Muslimah

8. Sering manja dan pencemburu

Ummul Mu’minin Aisyah adalah salah satu yang memiliki sifat manja dan pencemburu kepada suami. Bukan karena beliau satu-satunya yang dinikahi Rasulullah SAW ketika masih belia, namun karena Rasulullah SAW juga suka jika istrinya bersikap manja dan suka mencemburui beliau.

9. Sikap keibuan kepada suami

Selain memiliki sifat manja dan pencemburu, Aisyah istri Rasulullah adalah sosok istri yang memiliki sifat keibuan. Maka tidak heran, walaupun dinikahi Rasulullah SAW di usia yang masih sangat belia, namun Aisyah istri Rasulullah menjadi tempat yang nyaman dan dekapan yang hangat bagi suaminya.

10. Cintanya tulus dan mendalam

Selain kecerdasan Aisyah yang begitu luar biasa, sikap beliau sebagai seorang istri kepada Rasulullah SAW juga tidak dapat dikesampingkan. Beliau memiliki cinta yang tulus dan begitu mendalam kepada Rasulullah SAW. Cinta yang kuat ini kemudian beliau wujudkan dengan selalu mengikuti dan menerapkan sunnah-sunnah yang dikerjakan oleh Nabi dalam kehidupan beliau. | 14 Akhlak Istri Rasulullah Yang Wajib Ditiru Muslimah

11. Tidak pernah menentang suami

Aisyah adalah sosok istri yang tidak pernah sekalipun menentang perintah RasulullahSAW selama sembilan tahun beliau mereka membiduk rumah tangga. Seperti halnya ketika ada sesuatu yang menganggu perasaan Rasulullah SAW, maka dengan menggunakan isyarat saja, Aisyah istri Rasulullah pasti langsung menghindari dan menyingkirkannya.

12. Wanita Shidiq Diantara Mukmin Wanita

Dimasa hidupnya Khadijah dikenal sebagai seorang wanita yang begitu jujur (Shidiq). Bahkan dari kejujuran yang dimilikinya, ia mendapatkan sanjungan yang luar biasa dari Rasulullah SAW hingga Beliau tidak pernah sedikit pun melupakan apa yang telah diperbuat Khadijah istri Rasulullah semasa hidupnya. Dan hal ini yang selalu diceritakan Baginda Rasul kepada para sahabat-sahabatnya.

13. MemberikanKeturunan Kepada Nabi SAW

Dari istri-istri Rasulullah SAW hanya Khadijah istri Rasulullah dan Maria Al-Qibtiyalah yang memberikan keturunan kepadanya. Namun dari keturunan Khadijah istri Rasulullah lah anak-anak Rasulullah terus tumbuh hingga dewasa. Dan yang berasal dari keturunan Maria Al-Qibtiyah hanya seorang putra yang bernama Ibrahim dan ia wafat sewaktu masih kecil.

14. Menemani Hari Hari Sulit Rasulullah dan Memiliki iman yang tangguh

Khadijah adalah seorang wanita yang sabar dalam membantu Rasulullah saat menerima wahyu pertama di gua Hira, menguatkan dan memberikan ketenangan ketika Rasulullah mendapatkan mimpi yang memberatkan dan juga shalat bersama Rasulullah ketika islam masih di syariatkan secara sembunyi sembunyi.

Khadijah selalu setia dan menemani Rasulullah dalam menjalani hari hari sulit walaupunbeliau adalah seorang wanita dari keluarga berada dan terhormat. Khadijah menerima Rasulullah apa adanya dan tidak pernah mengeluh. | 14 Akhlak Istri Rasulullah Yang Wajib Ditiru Muslimah

Tertarik untuk memesanan Al Quran di Penerbit Jabal? Silahkan buka website kami www.alquranmuslimah.com. Selanjutnya, sampaikan kebutuhan pesanan Anda kepada admin kami.

 

penerbit alquran

Kontak Penerbit Jabal

HP/WA: 085315129995/ 087777500661
Telp/Fax: 022-7809282
Email: penerbit_jabal@yahoo.com

Alamat: Jalan Desa Cipadung No 47 Cibiru Kota Bandung Jawa Barat, Indonesia

Baca Juga Artikel Lainnya:

14 Akhlak Istri Rasulullah Yang Wajib Ditiru Muslimah | Penerbit Alquran Muslimah

Komentar dinonaktifkan: 14 Akhlak Istri Rasulullah Yang Wajib Ditiru Muslimah

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Edisi Terbatas
Alquran Hafalan Arbaah A5

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 89.000
Tersedia
Rp 89.000
Stok: Tersedia
Al Quran Mufassir A6

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Al Quran terjemahan dan tafsirRp 45.000
Tersedia
Rp 45.000
Stok: Tersedia
OFF 30%
Alquran Madinah Hard Cover A6

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

alquran madinah hard coverRp 35.000 Rp 50.000
Tersedia
Rp 35.000 Rp 50.000
Stok: Tersedia
Mushaf Hafsah HC

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Mushaf Hafsah HC Rp 49.000
Tersedia
Rp 49.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR