Butuh Bantuan? Customer Service penerbit alquran khusus wanita siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Cerminan Wanita Ideal dalam Alquran

Cerminan Wanita Ideal dalam Alquran

Ditulis pada: 18 June 2019 | Kategori:

Terkait cerminan wanita ideal dalam Alquran, ada kutipan menarik dalam Kata Pengantar buku “Argumen Kesetaraan Gender Perspektif Alquran” karya Prof. Dr. Nasaruddin Umar, MA. Kata pengantarnya sendiri ditulis oleh Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, MA.

Menurutnya, ada banyak hal-hal penting dalam penelitian disertasinya. Lalu dicetak menjadi buku.

Salah satunya adalah tentang cerminan wanita ideal dalam Alquran. Berikut ini kutipan-kutipan langsung dengan tambahan penomoran untuk memudahkan:

Cerminan wanita ideal dalam Alquran tidak sama dengan cerminan wanita yang berkembang dalam sejarah dunia Islam. Cerminan wanita yang diidealkan dalam Islam ialah:

  1. Mempunyai kemandirian politik (al-istiqlal al-siyasah, Q.s. al-Mumtahanah/60:12, sebagaimana Ratu Balqis, wanita penguasa yang mempunyai kerajaaan superpower laha arsyun adzim (Q.s. al-Naml/27:23)
  2. Mempunyai kemandirian ekonomi (al-istiqlal al-iqtishadi) (Q.s. al-Nahl/16:97), seperti pemandangan yang disaksikan Nabi Musa di Madyan, wanita pemilik peternakan (Q.s. al-Qashash/28:23).
  3. Mempunyai kemandirian dalam menentukan pilihan secara pribadi (al-istiqlal al-syakhshiy) yang diyakini kebenarannya, sungguhpun harus menghadapi suami bagi wanita yang sudah berkeluarga (Q.s. al-Tahrim/66:11), atau menantang opini publik bagi wanita yang belum berkeluarga (Q.s. al-Tahrim/66:12). Wanita dibenarkan untuk menyuarakan kebenaran dan melakukan gerakan oposisi terhadap berbagai kebobrokan (Q.s. al-Taubah/9:71). Bahkan Alquran menyerukan perang terhadap suatu negeri yang menindas kaum wanita (Q.s. al-Nisa/4:5), karena laki-laki dan wanita sama-sama berpotensi sebagai khalifatun fil Ardl (Q.s. al-Nahl/16:97) dan sebagai hamba (abid) (Q.s. al-Nisa/4:124).”

(Dr. Komaruddin Hidayat, Pengantar Penerbit, dalam Nasaruddin Umar, MA, Argumen Kesetaraan Jender Perspektif Alquran, Jakarta, Penerbit Paramadina, 2001, hal. Xxv-xxvi).

Dalam al-Hujurat/49:13 Allah menegaskan bahwa nilai manusia ditentukan oleh Taqwa-nya, yakni sejauhmana Tauhid-nya punya daya dorong sekuatnya untuk melahirkan kemaslahatan seluas-luasnya pada Makhluk Allah, dan sebaliknya punya daya tahan sekokohnya untuk tidak melahirkan kerusakan pada semesta.

Ketika Alquran menegaskan bahwa wanita itu manusia, maka laki-laki dan wanita sama-sama subyek kehidupan seutuhnya.

Mereka sama-sama HANYA menghamba pada Rabb (Tauhid) dan sama-sama mengemban amanah kekhalifahan di dunia dalam wujudkan kemaslahatan bersama seluas-luasnya, termasuk pula dalam biduk rumah tangga.

Rasulullah Saw pun mengingatkan dalam hadisnya bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi banyak orang.

Jadi salah satu ciri orang yang bertaqwa adalah hidupnya bermanfaat seluas-luasnya. Begitu pun ciri wanita yang bertaqwa.

Semoga kita bisa mengenali potensi diri masing-masing: akal, fisik, dan hati, juga mengenali modal sosial yang kita miliki: kesehatan, pengalaman, jaringan, pemikiran, pengetahuan, posisi, profesi, harta, dll kemudian bersinergi dengan muslimah lain agar hidup bisa memberi bermanfaat secara maksimal.

Cerminan Wanita Ideal dalam Alquran | Penerbit Alquran untuk Wanita | 085315129995

Tags: keistimewaan wanita dalam al quran, makalah wanita dalam al quran, muslimah ideal, nabi perempuan dalam alquran, nama perempuan teladan islam, nama wanita yang disebut dalam al quran, penerbit alquran, penerbit jabal, sosok perempuan ideal dalam al qur an, tafsir kedudukan wanita dalam islam, tokoh wanita dalam al quran, tugas wanita dalam al quran, wanita ideal

Komentar dinonaktifkan: Cerminan Wanita Ideal dalam Alquran

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Fitnah & Hoaks yang Menimpa Istri Rasulullah

Ditulis pada: 17 July 2019

Bagaimana bisa istri Rasulullah terkena fitnah hoaks? Suatu hari Aisyah ikut Rasulullah SAW bersama rombongan. Tatkala rombongan hampir sampai di Madinah, Rasulullah SAW mengomandokan kepada rombongan untuk beristirahat sejenak. Aisyah pun keluar dari sekedupnya untuk suatu keperluan. Saat kembali ke... Baca selengkapnya »

Grosir Alquran Cantik | Makna Cantik dalam Alquran

Grosir alquran cantik Ditulis pada: 9 July 2019

Grosir Alquran Cantik Penerbit dan Grosir Alquran Cantik Jabal menyediakan beragam jenis Alquran berkualitas, mulai dari harga eceran hingga harga grosir. Kontak Penerbit Jabal HP/WA: 087777500661 / 085315129995 Telp/Fax: 022-7809282 Email: penerbit_jabal@yahoo.com Jl. Desa Cipadung No 47 Cibiru Bandung Jawa Barat, Indonesia Instagram: @Penerbit.Jabal Makna... Baca selengkapnya »

Buku Anak Perempuan – Kisah Islami Pengantar Tidur

Ditulis pada: 3 July 2019

Informasi Buku Kisah Islami Pengantar Tidur Anak Perempuan Judul: Kisah Islami Pengantar Tidur Anak Perempuan Penulis: Chandra Kurniawan Penerbit: Penerbit Alquran Jabal Berat: 0.20 kg Jumlah Halaman: 100 Lembar Dimensi (L x P): 19 x 24 cm Jenis Cover: SC Kategori / Tema: Anak Bahasa: Indonesia Kondisi: Baru... Baca selengkapnya »

Wanita-wanita Hebat Zaman Nabi

Ditulis pada: 27 June 2019

Aisyah binti Abi Bakar. Wanita muda yang merupakan istri kinasih Rasulullah ini sangat aktif belajar. Kedekatannya dengan suaimnya yang agung dan rumahnya yang berada persis di samping masjid membuatnya berkesempatan untuk belajar dengan sangat baik. Imam Hakim mengatakan, seperempat hukum-hukum... Baca selengkapnya »

Khadijah, Wanita yang Alim

Ditulis pada: 25 June 2019

Bangsa arab dikenal sebagai bangsa yang buta huruf, tidak pandai baca dan tulis. Akan tetapi, di kalangan suku Qurays pada waktu itu terdapat seorang wanita bernama Khadijah, ia pintar membaca, ia bisa membaca kitab Taurat dan Injil bahkan ia juga... Baca selengkapnya »